Social Icons

Minimnya Fasilitas di setiap Pelabuhan Kapal Pesiar di Indonesia

Semakin banyak perusahaan kapal pesiar yang melirik Indonesia sebagai salah satu destinasi mereka untuk cruise asia, namun tidak dibarengi dengan fasilitas yang memadai pada setiap pelabuhan kapal pesiar yang ada di Indonesia. Tentunya hal tersebut hendaknya menjadi perhatian pemerintah setempat demi memberikan pelayanan kepada wisatawan yang berkunjung dengan kapal pesiar. Sebagai pekerja kapal pesiar saya sendiri merasakan perbedaan yang sangat jauh antara pelabuhan-pelabuan yang ada di kawasan Amerika atau Eropa jika dibandingkan pelabuhan yang ada di Negara kita tercinta Indonesia.
Ada beberapa fasilitas yang harusnya menjadi perhatian serius antara lain:

Gedung Terminal
Seperti layaknya sebuah Bandara, pelabuhan kapal pesiar hendaknya memiliki sebuah gedung terminal yang memadai. Gedung terminal ini memiliki peran penting dalam hal keamanan dimana yang mempunyai akses ke dalam gedung ini hanya wisatawan dan crew kapal serta pihak lain yang berwenang. Dengan demikian wisatawan akan merasa aman karna tempat ini steril dari pedagang acung atau pun calo transportasi dan lain sebagainya. Di dalam gedung ini biasanya akan tersedia counter untuk travel agent, transportasi, food court, art shop dan lain-lain.

Shuttle Bus
Seperti kebanyakan pelabuan kapal pesiar di eropa atau  pun amerika, di situ biasanya tersedia fasilitas shuttle bus resmi yang siap mengantar wisatawan ke daerah sekitarnya. Diantaranya ada bahkan diberikan secara gratis. Fasilitas ini yang masih sangat susah dijumpai di pelabuhan kapal pesiar di Indonesia sehingga para penyedia jasa transportasi liar menjadi marak.

Information Center
Setiap wisatawan yang ingin berkunjung ke suatu tempat tentu mereka ingin mendapatkan informasi yang benar mengenai tempat yang mereka kunjungi. Keberadaan Information Center di setiap pelabuhan tentunya akan sangat membantu para wisatawan dalam memperoleh informasi mengenai tempat yang mereka kunjungi.

Crew Shopping Center
Fasilitas ini sangat bermanfaat bagi crew kapal yang hanya memiliki waktu yang singkat untuk keluar kapal. Biasanya crew shopping center menyediakan fasilitas Wi-Fi, pengiriman uang, jasa telepon, serta berbagai makanan ringan.

Itulah beberapa fasilitas mendasar yang tentunya sangat diharapkan yang dapat mendukung keberadaan pelabuhan kapal pesiar di Indonesia disamping fasilitas-fasilitas lain. Mudah-mudahan kedepannya  akan menjadi perhatian yang serius dari pemerintah serta pihak-pihak yang terkait, sehingga kedatangan wisatawan dengan kapal pesiar ke Indonesia akan terus bertambah.


No comments:

Post a Comment