Semakin banyak perusahaan kapal pesiar yang melirik
Indonesia sebagai salah satu destinasi mereka untuk cruise asia, namun tidak
dibarengi dengan fasilitas yang memadai pada setiap pelabuhan kapal pesiar yang
ada di Indonesia. Tentunya hal tersebut hendaknya menjadi perhatian pemerintah
setempat demi memberikan pelayanan kepada wisatawan yang berkunjung dengan
kapal pesiar. Sebagai pekerja kapal pesiar saya sendiri merasakan perbedaan
yang sangat jauh antara pelabuhan-pelabuan yang ada di kawasan Amerika atau
Eropa jika dibandingkan pelabuhan yang ada di Negara kita tercinta Indonesia.
Ada beberapa fasilitas yang harusnya menjadi perhatian
serius antara lain:
Gedung Terminal
Seperti layaknya sebuah Bandara, pelabuhan kapal pesiar
hendaknya memiliki sebuah gedung terminal yang memadai. Gedung terminal ini
memiliki peran penting dalam hal keamanan dimana yang mempunyai akses ke dalam
gedung ini hanya wisatawan dan crew kapal serta pihak lain yang berwenang.
Dengan demikian wisatawan akan merasa aman karna tempat ini steril dari
pedagang acung atau pun calo transportasi dan lain sebagainya. Di dalam gedung
ini biasanya akan tersedia counter untuk travel agent, transportasi, food
court, art shop dan lain-lain.
Shuttle Bus
Seperti kebanyakan pelabuan kapal pesiar di eropa
atau pun amerika, di situ biasanya
tersedia fasilitas shuttle bus resmi yang siap mengantar wisatawan ke daerah
sekitarnya. Diantaranya ada bahkan diberikan secara gratis. Fasilitas ini yang
masih sangat susah dijumpai di pelabuhan kapal pesiar di Indonesia sehingga
para penyedia jasa transportasi liar menjadi marak.
Information Center
Setiap wisatawan yang ingin berkunjung ke suatu tempat
tentu mereka ingin mendapatkan informasi yang benar mengenai tempat yang mereka
kunjungi. Keberadaan Information Center di setiap pelabuhan tentunya akan
sangat membantu para wisatawan dalam memperoleh informasi mengenai tempat yang
mereka kunjungi.
Crew Shopping Center
Fasilitas ini sangat bermanfaat bagi crew kapal yang
hanya memiliki waktu yang singkat untuk keluar kapal. Biasanya crew shopping
center menyediakan fasilitas Wi-Fi, pengiriman uang, jasa telepon, serta
berbagai makanan ringan.
Itulah beberapa fasilitas mendasar yang tentunya sangat
diharapkan yang dapat mendukung keberadaan pelabuhan kapal pesiar di Indonesia
disamping fasilitas-fasilitas lain. Mudah-mudahan kedepannya akan menjadi perhatian yang serius dari
pemerintah serta pihak-pihak yang terkait, sehingga kedatangan wisatawan dengan
kapal pesiar ke Indonesia akan terus bertambah.
No comments:
Post a Comment