Ketika kita menyebut nama kapal pesiar, yang terbersit
dalam benak mereka yang belum pernah bekerja di kapal pesiar adalah “keliling
dunia”. Sering sekali orang – orang di sekeliling saya mengatakan kepada saya
“wah enak ya bisa keliling dunia”.
Mungkin dalam benak mereka kita bisa leluasa setiap saat jalan – jalan
ke tempat yang kita inginkan ketika kapal sedang berlabuh. Perlu saya tegaskan
di sini khususnya bagi anda yang ada niat untuk bekerja di kapal pesiar, bahwa
kita di kapal adalah sebagai pekerja bukan wisatawan. Dan perlu diketahui juga
kalau system kerja di kapal pesiar berbeda dengan system kerja di hotel darat.
Ini sebagai gambaran supaya anda tidak tersesat oleh
informasi – informasi yang tidak jelas. Di kapal tidak ada istilah libur, kita
bekerja 7 hari seminggu. Jam kerja perhari rata – rata antara 10 jam sampai 12
jam dengan system split. Saya contohkan salah satu jam kerja dan mungkin
berbeda dari masing – masing perusahaan (hanya sebagai simulasi)
07.00 – 10.00 (kerja )
10.00 – 10.15 (istirahat untuk coffee break)
10.15 – 12.00 (kerja)
12.00 – 13.00 ( istirahat untuk makan siang )
13.00 – 14.30 (kerja)
14.30 – 17.30 (istirahat siang)
17.30 – 22.00 (kerja)
22.00 (off duty)
Coba kita lihat contoh jam kerja di atas, jadi waktu kita
untuk bisa jalan – jalan sangatlah singkat hanya dengan memanfaatka jam
istirahat siang, dengan konsekwensi kita tidak bisa istirahat siang. Itu kalo
diasumsikan kapal berlabuh sampai jam 6 sore. Bagaimana kalau kapal hanya
berlabuh sampai jam 1 siang misalnya, tentu tidak ada waktu buat kita. Oleh
karena itu tips dari saya sebelum anda bekerja di kapal pesiar, anda harus
menyadari kalau kita adalah pekerja bukan wisatawan.
KISAH SUKSES SAYA KERJA DI KAPAL PESIAR TAHUN 2017
ReplyDeleteMohon maaf kpd teman teman dan admin lewat postingan ini mudah mudahan bagi sdr/i yang minat kerja di atas kapal pesiar semoga tercapai, dan moga lewat postingan saya ini bisa bermaanfaat bagi sdr/i
alhamdulillah sekarang saya sudah bekerja di atas kapal pesiar berkat bantuan bpk drs agusdin subiantoro beliau kepala deputi bidang penempatan di kantor BNP2TKI jakarta no Hp beliau : 0823-5240-6469 sebelum'nya saya dapat nomor tlp beliau lewat salah satu keluarga saya di papua, dan saya memberanikan diri tlp beliau dan memohon bantuan kpd beliau supaya saya bekerja di kapal pesiar, dan alhamdulillah saya ada petunjuk dari beliau untuk mendaftar'kan diri melalui kantor beliau dan saya di perintah'kan sms biodata KTP setelah itu saya di arah'kan selesai'kan biaya adm pendaftaran sebesar Rp. 5.000.000 ke rekening jajaran beliau awal'nya saya sempat berpikir kalau saya ini ditipu, tapi alhamdulillah ternyata beliau bener bener nyata dan membantu saya karena bukti'nya sekarang saya sudah di atas kapal pesiar crystal cruises Alhamdulillah... Sebelum'nya saya berterima kasih kepada allah dan juga kepada bpk drs agusdin berkat petunjuk beliau'lah skrg saya sudah ada kerja... Amin
Rincian dana adimistrasi pengurusan pemberkasan di bawah ini juga yang kemarin saya selesai'kan.
ADM - Passport : (Rp. 355.000)
ADM - BST / Basic Safety Training (Rp. 1.500.000 – Rp. 1.700.000)
ADM - Seaman Book/ Buku Pelaut (Rp. 200.000 – Rp. 350.000)
ADM - SID/ Seafarers Identity Card (Rp. 350.000)
ADM - KTKLN/ Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri
Endors Passport (Rp. 225.000 – Rp. 300.000/ bagi passport yang belum diendors)
ADM - Visa (Rp. 2.500.000
ADM - Training (Rp. 5.000.000)