Social Icons

Gambaran Singkat Tentang Sistem Kerja di Kapal Pesiar

Ketika kita menyebut nama kapal pesiar, yang terbersit dalam benak mereka yang belum pernah bekerja di kapal pesiar adalah “keliling dunia”. Sering sekali orang – orang di sekeliling saya mengatakan kepada saya “wah enak ya bisa keliling dunia”.  Mungkin dalam benak mereka kita bisa leluasa setiap saat jalan – jalan ke tempat yang kita inginkan ketika kapal sedang berlabuh. Perlu saya tegaskan di sini khususnya bagi anda yang ada niat untuk bekerja di kapal pesiar, bahwa kita di kapal adalah sebagai pekerja bukan wisatawan. Dan perlu diketahui juga kalau system kerja di kapal pesiar berbeda dengan system kerja di hotel darat.

Ini sebagai gambaran supaya anda tidak tersesat oleh informasi – informasi yang tidak jelas. Di kapal tidak ada istilah libur, kita bekerja 7 hari seminggu. Jam kerja perhari rata – rata antara 10 jam sampai 12 jam dengan system split. Saya contohkan salah satu jam kerja dan mungkin berbeda dari masing – masing perusahaan (hanya sebagai simulasi)

07.00 – 10.00 (kerja )
10.00 – 10.15 (istirahat untuk coffee break)
10.15 – 12.00 (kerja)
12.00 – 13.00 ( istirahat untuk makan siang )
13.00 – 14.30 (kerja)
14.30 – 17.30 (istirahat siang)
17.30 – 22.00 (kerja)
22.00 (off duty)


Coba kita lihat contoh jam kerja di atas, jadi waktu kita untuk bisa jalan – jalan sangatlah singkat hanya dengan memanfaatka jam istirahat siang, dengan konsekwensi kita tidak bisa istirahat siang. Itu kalo diasumsikan kapal berlabuh sampai jam 6 sore. Bagaimana kalau kapal hanya berlabuh sampai jam 1 siang misalnya, tentu tidak ada waktu buat kita. Oleh karena itu tips dari saya sebelum anda bekerja di kapal pesiar, anda harus menyadari kalau kita adalah pekerja bukan wisatawan.

1 comment:

  1. KISAH SUKSES SAYA KERJA DI KAPAL PESIAR TAHUN 2017
    Mohon maaf kpd teman teman dan admin lewat postingan ini mudah mudahan bagi sdr/i yang minat kerja di atas kapal pesiar semoga tercapai, dan moga lewat postingan saya ini bisa bermaanfaat bagi sdr/i
    alhamdulillah sekarang saya sudah bekerja di atas kapal pesiar berkat bantuan bpk drs agusdin subiantoro beliau kepala deputi bidang penempatan di kantor BNP2TKI jakarta no Hp beliau : 0823-5240-6469 sebelum'nya saya dapat nomor tlp beliau lewat salah satu keluarga saya di papua, dan saya memberanikan diri tlp beliau dan memohon bantuan kpd beliau supaya saya bekerja di kapal pesiar, dan alhamdulillah saya ada petunjuk dari beliau untuk mendaftar'kan diri melalui kantor beliau dan saya di perintah'kan sms biodata KTP setelah itu saya di arah'kan selesai'kan biaya adm pendaftaran sebesar Rp. 5.000.000 ke rekening jajaran beliau awal'nya saya sempat berpikir kalau saya ini ditipu, tapi alhamdulillah ternyata beliau bener bener nyata dan membantu saya karena bukti'nya sekarang saya sudah di atas kapal pesiar crystal cruises Alhamdulillah... Sebelum'nya saya berterima kasih kepada allah dan juga kepada bpk drs agusdin berkat petunjuk beliau'lah skrg saya sudah ada kerja... Amin

    Rincian dana adimistrasi pengurusan pemberkasan di bawah ini juga yang kemarin saya selesai'kan.
    ADM - Passport : (Rp. 355.000)
    ADM - BST / Basic Safety Training (Rp. 1.500.000 – Rp. 1.700.000)
    ADM - Seaman Book/ Buku Pelaut (Rp. 200.000 – Rp. 350.000)
    ADM - SID/ Seafarers Identity Card (Rp. 350.000)
    ADM - KTKLN/ Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri
    Endors Passport (Rp. 225.000 – Rp. 300.000/ bagi passport yang belum diendors)
    ADM - Visa (Rp. 2.500.000
    ADM - Training (Rp. 5.000.000)

    ReplyDelete