Social Icons

Beberapa Syarat Untuk Dapat Diterima Bekerja di Kapal Pesiar

Ada beberapa syarat untuk dapat diterima bekerja di kapal pasiar, dalam hal ini yang saya maksud untuk Hotel Department dan tidak berlaku untuk Nautical Department, Enggine Department dan yang lain. Tentu saja setiap perusahaan atau pun agent kapal pesiar mempunyai standar yang berbeda dalam menentukan siapa yang layak diterima untuk bekerja pada perusahaan mereka. Namun  secara umum  ada beberapa syarat sebagai berikut :

Syarat Pendidikan
Umumnya hampir semua agent kapal pesiar menetapkan syarat minimal D1 Perhotelan / Pariwisata sebagai syarat utama. Walaupun pada prakteknya tidak jarang orang yang tidak memiliki latar belakang perhotelan diterima untuk bekerja di kapal pesiar.

Pengalaman Kerja
Sama halnya dengan dunia kerja lain, pengalaman kerja adalah salah satu pertimbangan utama untuk dapat diterima bekerja di kapal pesiar. Dan tentu saja pengalaman kerja sesuai dengan posisi yang ingin dilamar. Paling tidak punya pengalaman magang atau yang biasa disebut dengan on the job training.

Tidak Cacat Fisik dan Mental
Masuk akal memang kalau perusahaan kapal pesiar tidak mau mempekerjakan orang yang mempunyai cacat fisik dan mental.

Kemampuan Bahasa Asing
Kemampuan dalam bahasa asing baik lisan maupun tulisan adalah syarat mutlak, minimal Bahasa Inggris. Apabil memiliki kemampuan bahasa asing lainnya adalah merupakan nilai lebih.

Tinggi Badan
Tidak semua perusahaan memberlakukan syarat ini. Ada beberapa perusahaan yang sangat selektif dan pada saat interview melakukan pengukuran tinggi badan.

Usia
Biasanya yang diterima (untuk new hire) rata – rata antara 20 tahun sampai 35 tahun.


Itulah beberapa syarat umum yang harus dipenuhi kalau anda ingin mengajukan lamaran pada agent kapal pesiar. Syarat lainnya seperti tes kesehatan dan dokumen – dokumen lainya biasanya akan nyusul setelah anda lulus interview. Namun alangkah baiknya jika anda mempersiapkan dokumen – dokumen terlebih dahulu seperti Pasport, Buku Pelaut (Seaman Book), BST (Basic Safety Training) dan lain – lain. Kecuali visa  tidak bisa mengurus sendiri,karna  harus ada perusahaan sebagai sponsor.

No comments:

Post a Comment