Social Icons

Beberapa Tempat yang Sudah dikunjungi Kapal Pesiar di Indonesia

Indonesia dengan 17.500 pulau yang tersebar di seluruh pelosok nusantara memiliki potensi yang besar untuk menjadi destinasi kapal pesiar yang menarik. Terbukti dengan beberapa perusahaan kapal pesiar yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu tujuan dalam cruise asia. Beberapa tempat yang sudah menjadi tujuan tetap seperti , Bali, Semarang, Pulau Komodo, dan Lombok.

Bahkan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata berencana akan menjadikan Bali sebagai turn around port selain mempersiapkan pelabuhan lainnya di Indonesia agar lebih siap menerima kedatangan cruise dalam jumlah penumpang lebih besar, meningkatkan kualitas pelayanan, serta sinkronisasi dan harmonisasi regulasi termasuk kebijakan untuk memfasilitasi kunjungan kapal pesiar. Pelabuhan Benoa Bali akan menjadi prioritas untuk dikembangkan sebagai turn-around port berstandar internasional, sehingga nantinya dapat menampung cruise mancanegara sekaligus mendorong berkembangnya wisata bahari di Bali serta kawasan Timur Indonesia. Pengembangan fasilitas Benoa sebagai pelabuhan cruise internasional selain memenuhi standar International Safety Port (ISP) yang ditetapkan oleh IMO (International Marine Organization) juga memenuhi tuntutan pasar, di mana telah terjadi perubahaan paradima pelabuhan tidak lagi hanya sebagai container port, melainkan sudah menjadi gabungan dari entertain dan leisure.


Wow, andai saja semua terwujud tentu ini merupakan kabar baik bagi kita. Namun yang menjadi pertanyaan apakah hanya pelabuhan saja yang menjadi perhatian, bagaimana dengan fasilitas pendukung lainnya? Dari segi keamanan juga menurut saya sangat perlu menjadi prioritas. Mudah – mudahan saja semua berjalan sesuai yang diharapkan sehingga kapal pesiar bisa berkunjung ke berbagai pulau di Indonesia.

No comments:

Post a Comment